Inet

Cara Mengatasi Error Tag Amp Auto Ads di Google Webmaster Tools

Written by widiynews · 2 min read >
Cara Mengatasi Error Tag Amp Auto Ads di Google Webmaster Tools

A tag on this page requires an AMP component ‘script’ tag, which is missing. Kurang lebih begitulah kira-kira peringatan yang ditampilkan halaman Search Console Google Webmaster Tools jika blog wordpress mengalami error tag amp auto ads. Kesalahan ini mungkin bisa terjadi untuk pengguna blogspot meskipun belum ada informasi tentang ini. Missing tag ini disebabkan karena konflik plugin atau kesalahan penempatan kode JV script Google Adsense.

Untuk mengetahuinya, lakukan pengecekan di halaman search console untuk melihat kesalahan “error tag amp auto ads” karena mungkin situs wordpress kamu mengalami kesalahan serupa seperti contoh diatas. Jika benar, segera lakukan validasi atau perbaikan agar tidak berdampak buruk pada halaman atau URL AMP blog kamu.

Dari hasil analisa, penyebab kesalahan error tag amp auto ads itu sendiri ada beberapa macam, diantaranya :

  1. Kesalahan peletakan kode iklan Adsense
  2. Plugin atau script yang konflik.
  3. Tema WordPress

Setelah mengetahui beberapa penyebabnya, silahkan lakukan cara perbaikan untuk mengatasi error tag amp auto ads di situs WordPress langkah-langkah berikut.

Cara Mengatasi Error Tag Amp Auto Ads

Cara mengatasi error tag amp auto ads pada halaman AMP WordPress ada tiga cara, silahkan lakukan satu demi satu dan perhatikan langkah-langkahnya dibawah.

1. Periksa Halaman Webmaster Tools

Silahkan buka halaman search console Google webmaster tools untuk mengetahui apakah adalah kesalahan yang diakibatkan karena kode java script (JS) Google Adsense. Berikut caranya:

  • Buka Google Webmaster Tools
  • Pilih situs atau blog yang ingin kamu cek, kemudian klik bagian menu AMP.
  • Kamu akan menemukan sejumlah error yang ditampilkan oleh Webmaster Tools dan salah satunya ditandai dengan peringatan “A tag on this page requires an AMP component ‘script’ tag, which is missing”.
Cara Mengatasi Error Tag Amp Auto Ads di Google Webmaster Tools

2. Cek Plugin yang Kamu Gunakan

Dari hasil analisa yang didapat dari beberapa forum developer WordPress, penyebab utama dari error tag Amp Auto Ads adalah adanya konflik dari plugin yang digunakan.

Itu sebabnya, cobalah ingat-ingat plugin yang baru saja kamu install, atau lebih tepatnya plugin yang digunakan untuk mengontrol penempatan iklan Google Adsense untuk halaman AMP.

Non-aktifkan semua plugin yang berhubungan dengan iklan. Lalu aktifkan salah satu plugin tersebut dan cobalah cek di halaman pengujian AMP (Buka Disini).

Cara Mengatasi Error Tag Amp Auto Ads di Google Search Console
Contoh halaman yang valid AMP. Sumber gambar: Widiynews.com

Jika tidak ditemukan error, lanjutkan pada plugin selanjutnya dan lakukan pengujian ulang di halaman validasi AMP diatas.

Jika sudah ketemu, lebih baik hapus atau non-aktifkan plugin tersebut jika kamu menggunakan fitur AMP untuk hasil pencarian pengguna mobile. Sebab, jika kesalahan AMP termasuk error tag Amp Auto Ads dapat membuat hasil pencarian khusus AMP dapat berdampak buruk pada blogmu, salah satunya tidak dianggap valid dan mempengaruhi peringkat blog di hasil pencarian, terutama versi mobile.

3. Putuskan Koneksi Adsense Plugin Site Kit by Google

Seperti yang telah dijelaskan diatas, salah satu penyebab utama adanya error Auto Ads Google Adsense adalah penyebab konflik dari penggunaan plugin. Itu artinya, bukan masalah Tema atau salah penempatan.

Jika cara nomor dua diatas tidak berhasil, jika kamu menggunakan plugin Site Kit by Google, maka kami sarankan untuk memutuskan koneksi Adsense dari plugin milik Google tersebut. Sebab, plugin ini secara otomatis menempatkan kode script Auto Ads Adsense yang dianggap tidak valid. Berikut caranya mengatasinya :

1. Buka plugin Site Kit by Google, lalu buka bagian pengaturan (setting) seperti gambar dibawah ini.

Cara Mengatasi Error Tag Amp Auto Ads di Google Search Console

2. Di bagian Google Adsense, klik tanda berbentuk huruf “v” dibagian pojokk kanan. Kemudian klik tulisan edit dibagian pojok kiri bawah, perhatikan gambar dibawah ini.

Cara Mengatasi Error Tag Amp Auto Ads di Google Search Console

3. Setelah itu, klik tulisan Disconnect Adsense from site kit dibagian pojok kanan bawah. Selanjutnya klik CONFIRM CHANGES. Refresh halaman blogmu.

Cara Mengatasi Error Tag Amp Auto Ads di Google Search Console

4. Cobalah cek ulang url AMP blog Wordpresmu di halaman validasi AMP Google. Jika berhasil, maka selamat kamu sudah mengatasi error satu dari beberapa kesalahan yang ada di Webmaster Tools.

4. Lakukan Validasi

Setelah melakukan perbaikan, cobalah cek kembali kevalidan url AMP blog mu di pengujian AMP. Jika berhasil, maka jangan lupa untuk memberi tahu Google bahwa kamu telah memperbaikinya.

Buka kembali Google Webmaster Tools, dan cari error yang ingin kamu perbaiki diatas. Lalu klik tombol VALIDASI PERBAIKAN seperti gambar dibawah ini.

Cara Mengatasi Error Tag Amp Auto Ads di Google Webmaster Tools

Kesimpulan

Itulah cara mudah mengatasi error tag amp auto ads buat kamu yang menggunakan blog WordPress yang sangat mudah dilakukan. Langkah ini sudah dibuktikan dan ternyata berhasil. Silahkan kamu coba jika kamu mengalami error serupa di Webmaster Tools.

Seperti diketahui, Google Adsense belum lama ini meluncurkan fitur Auto Ads untuk para publishernya. Fitur ini dapat membantu meningkatkan pendapatan, terutama melalui pengguna mobile versi AMP. Penting sekali untuk menjadikan url halaman AMP blog menjadi valid bagi kamu yang menggunakan fitur ini. Semoga bermanfaat.

Written by widiynews
Widiynews.com adalah situs lokal yang menyajikan beragam konten dan artikel menarik seputar kesehatan, gaya hidup, Islami, Tekno & Tips, Berita, dan Artikel Pengembangan Diri. Profile

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *