Budaya

Mengenal Provinsi Aceh, Lengkap Disertai Pakaian Adat, Rumah dan Makanan Khas

Written by widiynews · 3 min read >
Mengenal Provinsi Aceh, Lengkap Disertai Pakaian Adat, Rumah dan Makanan Khas
Nama ProvinsiAceh
Berdiri7 Desember 1956
Dasar hukumUU RI No. 24/1956 direvisi UU RU No. 11/2006 (Pemerintah Aceh)
LetakPulau Sumatera 2 – 6 LU dan 95 – 98 BT
IbukotaBanda Aceh
Luas wilayah55.360 km (2.88% luas Indonesia)
Terdiri dari18 Kabupaten, 5 Kota, 227 Kecamatan, 6.656 Desa
Komoditi utamaKelapa sawit, kopi, kayu, tembakau
PertambanganGas alam, minyak bumi, batubara, emas, tembaga
Bandar udaraSultan Iskandar Muda (Banda Aceh), Malikusaleh, Maimun Saleh, Cut Nyak Dhien
Pelabuhan lautBalohan (Sabang), Malahayati, Lhokseumawe
Zona waktuWIB (Waktu Indonesia Barat)
Bahasa daerahBahasa Aceh, Gayo, Bener Meriah, Gayo Lues, Serbajadi, Aceh Timur, Simeule, Melayu Tamiang, Alas, Aneuk Jamee
SukuSuku Aceh, Tamiang, Gayo, Alas, Kluet, Aneuk, Jamee, Pakpak, Singkil, Sigulai, Lekon, Devayan, Haloban, dan Nias
FloraBunga Jeumpa
FaunaCempala Koneng
UniversitasSyiah Kuala, Universita Islam Negeri Ar-Raniry, Universitas Malikussaleh, Universitas Teuku Umar, Universitas Terbuka
Mengenal Provinsi Aceh, Lengkap Disertai Pakaian Adat, Rumah dan Makanan Khas

Pakaian Adat

Pakaian adat Aceh adalah Pidie. Untuk pria memakai baju jas leher tertutup, ada sulaman keemasan menghiasi kerah baju. Dipinggangnya dipakaikan kain sarung agar berkesan gagah.

Kaun sarung ini terbuat dari sutra yang disongket. Jas dilengkapi celana panjang yang disebut cekak musang. sebilah ronceng berkepala emas atau perak dan berhiaskan permata diselipkan di ikat pinggang. Bagian kepala ditutupi kopiah, yang populer disebut dengan makutop.

Sedangkan untuk wanita, pakaian adat masyarakat Aceh mengenakan baju karung berlengan panjang sepinggul. Kerah bajunya sangat unik menyerupai kerah baju khas China.

Bagian bawahnya memakai celana panjang yang dilapisi sarung bercorak yang dilipat sampai lutut. Corak di sarung ini bersulam emas. Perhiasan yang dipakai adalah kalung, gelang tangan, gelang kaki, anting, dan ikat pinggang.

Rumah Adat

Rumah adat Aceh dinamakan Rumoh Aceh. Rumah ini terbagi menjadi delapan bagian yaitu seuramo-keu (serambi depan), seuramo-likoot (serambi belakang), rumah-inong (rumah induk), rumah dapu (dapur), seulasa (teras), kroong padee (lumbung padi), keupaleh (gerbang), dan tamee (tiang.

Tarian Adat

Salah satu tarian adat Aceh yang paling terkenal adalah tari Saman. Selain itu, terdapat pula tarian-tarian lain seperti tari Rateb Meuseukat, Rapai Geleng, Seudati, Tarek Pukat, Lilok Pilo, Bines, Japin Tamiang, Ula-Ula, Ranup Lampuan, Ratoh Duek, Guel dan lain sebagainya yang masih banyak lagi tarian adat unik khas provinsi ini.

Salah satu yang menarik adalah tari Seudati dimana tarian adat ini termasuk kategori tari perang. Sebab, syairnya membangkitkan semangat pemuda Aceh untuk bangkit melawan penjajahan.

Alat Musik Tradisional

Canang digunakan sebagai pengiring tarian-tarian tradisonal di provinsi Aceh. Canang terbuat dari bahan kuningan dan bentuknya menyerupai gong. Serta masih banyak lagi alat musik tradisional di provinsi Aceh yang patut dibanggakan sebagai kekayaan budaya di Indonesia seperti berikut ini.

Geundrang – Gendrang merupakan alat musik yang berasal dari Aceh, lajim dijumpai di daerah Aceh Besar, Pidie, dan Aceh Utara. Alat musik ini berbentuk silinder.

Rapai – Rapai adalah sebuah alat musik pukul yang berasal dari Aceh. Menurut kepercayaan masyarakat setempat alat musik ini diciptakan oleh Syekh Ahmad bin Rifai’i.

Rapa’i Pase – Rapa’i pase adalah alat musik Aceh Pesisir, alat musik ini merupakan salah satu alat musik yang sudah ada dari masa lalu. Nama Rapa’i diambil dari seorang ahli tasauf (ilmu tentang ajaran-ajaran Islam) yaitu Ahmad Rifa’i. Ahmad Rifa’i juga dipercaya merupakan sebagai pembuat alat musik.

Bereguh

Bereguh adalah instrumen atau alat musik tiup tradisional yang terbuat dari tanduk kerbau. Instrumen ini umumnya tidak digunakan untuk bermain musik, melainkan dimanfaatkan sebagai alat komunikasi antara dua atau beberapa orang yang terletak berjauhan, biasanya dihutan.

Dengan meniupnya, kelompok lain dapat memperkirakan keberadaan dan jarak orang yang meniup instrumen tersebut. Pada masa dahulu kala, instrumen Bereguh digunakan sebagai perlengkapan yang digunakan untuk berburu.

Tambo

Tambo adalah alat musik yang terbuat dari batang iboh, kulit sapi, dan rotan sebagai alat peregang kulit. Bentuknya sejenis tambur dan dimainkan dengan cara dipukul.

Pada zaman dulu, tambo berfungsi sebagai alat komunikasi untuk menandakan datangnya waktu sholat dan untuk mengumpulkan warga ke meunasah guna membicarakan masalah yang ada dikampung.

Celempong – Alat kesenian tradisional yang terdapat di daerah Kabupaten Aceh Tamiang. Alat musik ini terdiri dari atas lima sampai tujuh potong kayu sepanjang 5-7 cm dengan lebar 6-8 cm.

Senjata Tradisional

Rencong (Rintjong) merupakan senjata tradisional menyerupai pedang kecil dengan tanduk di bagian pangkalnya. Senjata ini termasuk kategori senjata tikam. Menurut sejarah, senjata satu ini digunakan di kesultanan Aceh sejak masa pemerintahan Sultan Ali Mughayat Syah. Rencong merupakan simbol identitas diri, keberanian, dan ketangguhan Suku Aceh.

Lagu Daerah

Lagu daerah yang paling terkenal di provinsi ini adalah Lagu Bungong Jeumpa. Lagu daerah ini menceritakan tentang keindahan bunga-bunga cempaka seperti arti dari judul lagu tersebut. Berikut lirik lagu Bungong Jeumpa

Bungong jeumpa, bungong jeumpa meugah di Acèh

Bungong teuleubèh, teuleubèh indah lagoë na

Putéh kunèng meujampu mirah

Keumang siulah cidah that rupa

Lam sina buleuën, lam sina buleuën angèn peuayôn

Rurôh meususôn, meususôn, nyang mala-mala

Mangat that mubèë meunyo tatém côm

Leupah that harôm si bungong jeumpa

Kesenian dan Adat Istiadat

Provinsi yang dikenal dengan julukan Serambi Mekkah ini memiliki kesenian darah antara lain Didong (Syair dalam bahasa Gayo), Meuseukee Eungkot (tradisi di wilayah Aceh Barat), Maulid Nabi Muhammad SAW, Kenduri Blang (panen bersama), Kenduri Laot (upacara laut), dan Berinai (musik dan pantun).

Makanan dan Minuman Khas

Makanan khas Aceh yang terkenal adalah timphan (kue khas lebaran), gulai itik, kari kambing, mie aceh, meuseukat (dodol khas Aceh). Sementara untuk minuman yang paling terkenal di daerah ini adalah jus terong belanda, kopi tarik, dan itube (minuman tebu).

Tempat Wisata

Provinsi Aceh ini punya banyak tempat wisata alam dan religi yang patut dibanggakan dan Anda kunjungi jika Anda berkunjung kesana. Beberapa objek wisata yang paling terkenal diantaranya Masjid Raya Baiturrahman, Taman Putroe Phang, Danau Laut Tawar, Danau Aneuk Laot, Iboih, Benteng Indrapatra, Museum Negeri Banda Aceh dan Situs Kerajaan Pasee di Aceh Utara. Selain itu ada pula tempat wisata berupa Taman Nasional Gunung Leuser di Aceh Tenggara.

Pahlawan Nasional

Aceh memiliki beberapa pahlawan nasional yang sangat melegenda seperti Cut Nyak Dhien, Cut Meutia, Laksamana Malahayati, Teuku Umar, Panglima Polim, dan lain sebagainya.

Kabupaten dan Provinsi Aceh

NoKabupaten/KotaIbukota
1SimeulueSinabang
2SingkilSingkil
3Aceh SelatanTapaktuan
4Aceh TenggaraKutacane
5Aceh TimurLangsa
6Aceh TengahTakengon
7Aceh BaratMeulaboh
8Aceh BesarJantho
9PidieSigli
10Pidie JayaMeuredue
11BireuenBireuen
12Aceh UtaraLhokseumawe
13Aceh Barat DayaBlangpidie
14Gayo LuesBlangkejeren
15Aceh TamiangKuala Simpang
16Nagan RayaMakmue
17Aceh JayaCalang
18Bener MeriahSP. Tiga Redelong
19Banda AcehBanda Aceh
20SabangSabang
21LangsaLangsa
22LhokseumaweLhokseumawe
23SabulussalamSubulussalam

Aceh yang sebelumnya pernah disebut dengan nama Daerah Istimewa Aceh (1959-2001) dan Nanggroe Aceh Darussalam (2001-2009), dan terakhir Aceh (2009-sekarang) memiliki otonomi yang diatur tersendiri, berbeda dengan kebanyakan provinsi lain di Indonesia karena alasan sejarah.

Written by widiynews
Widiynews.com adalah situs lokal yang menyajikan beragam konten dan artikel menarik seputar kesehatan, gaya hidup, Islami, Tekno & Tips, Berita, dan Artikel Pengembangan Diri. Profile

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *