Budaya

Mengenal Provinsi Papua, Lengkap Disertai Pakaian Adat, Rumah, dan Makanan Khas

Written by widiynews · 2 min read >
Mengenal Provinsi Papua, Lengkap Disertai Pakaian Adat, Rumah, dan Makanan Khas
Nama ProvinsiPapua
Berdiri4 Oktober 1999
Dasar hukumUU RI 40 45 Th 1999
Ibu KotaJayapura
Luas wilayah309.934,4 Km2
Terdiri dari27 Kabupaten, 2 Kota, 214 Kecamatan, 2.506 Desa
Komoditi utamaKelapa sawit, Kako, Karet
PertambanganEmas, Nikel, Minyak bumi
IndustriPengalengan ikan
Bandar udaraSentani, Frans Kaisiepo, Mopah, Nabire, Timika, Wamena
Pelabuhan lautBiak, Jayapura, Merauke
Perguruan tinggiUniversitas Cendrawasih
Zona waktuWIT (Waktu Indonesia Timur)
SukuAsmot, Tobati, Mooi, Sentani
Bahasa DaerahAsmat, Tobati, Mooi, Sentani
FloraBuah memrah
FaunaCendrawasih mati-kawat (Seleucidis melanoleucus)
Mengenal Provinsi Papua, Lengkap Disertai Pakaian Adat, Rumah, dan Makanan Khas

Pakaian Adat

Pakaian adat Papua untuk pria memakai sehelai kain yang menutupi bagian depannya. Perhiasan yang dipakai adalah kalung dan gelang. Sementara untuk bagian kepalanya memakai topi yang terbuat dari bulu burung.

Sementara untuk wanita, pakaian adat Papua khusus wanita menggunakan gaun terusan yang panjangnya sampai lutut. Motif baju yang dipakai berumbai-rumbai. Perhiasan yang dipakai adalah kalung, gelang, dan hiasan kepala. Untuk bagian kaki memakai gelang khas.

Senjata Tradisional

Salah satu senjata tradisional di Papua adalah pisau belati. Senjata ini terbuat dari tulang kaki burung kasuari dan bulunya menghiasi hulu belati tersebut.

Senjata utama penduduk asli Papua lainnya adalah busur dan panah. Busur tersebut terbuat dari bambu atau kayu, sedangkan tali busur dibuat dari rotan. Demikian juga dengan anak panahnya terbuat bambu, kayu dan tulang kangguru. Senjata tradisional ini biasanya digunakan untuk berburu dan berperang.

Rumah Adat

Rumah adat Papu adalah honai. Rumah tersebut terdiri dari dua lantai, lantai pertama sebagai tempat tidur dan lantai kedua untuk bersantai. Rumah adat honai berbentuk jamur dengan ketinggian mencapai sekitar 4 meter.

Tarian Adat

Tari Selamat Datang merupakan larian yang menunjukkan kegembiraan hati penduduk dalam menyambut para tamu yang dihormati. Tarian ini memiliki gerakan khas, yaitu gerakan yang semangat, dinamis dan menarik.

Alat Musik Tradisional

Salah satu alat musik tradisonal yang terkenal di Papua Barat adalah tifa. Alat musik ini bentuknya mirip gendang dan cara memainkannya adalah dengan dipukul.

Bahannya terbuat dari sebatang kayu yang isinya dikosongkan dan pada salah satu sisi ujungnya ditutup menggunakan kulit rusa yang telah dikeringkan.

Biasanya tifa diperindah dengan berbagai model ukiran sesuai dengan ciri khas masing-masing suku di Papua.

Disamping sebagai pelengkap dari permainan instrumen musik tradisional, Tifa juga selalu dimainkan untuk mengiringi tarian tradisional seperti tari Perang, Asmat, dan Gatsi. Tarisn tersebut biasanya dipertunjukkan pada acara-acara maupun upacara-upacara adat lainnya.

Kesenian dan Adat Istiadat

Kesenian adat dari masyarakat di Papua adalah Bakar Batu, Tikam Telinga, dan masih banyak lagi adat menarik lainnya yang patut diketahui dari setiap suku yang ada di Papua.

Makanan dan Minuman Khas

Provinsi Papua memiliki banyak sekali makanan tradisional yang lezat disantap ketika berkunjung kesana. Beberapa makanan tersebut yang paling populer adalah sagu, ubi jalar, keladi, singkong, papeda, ikan bakar colo dabu-dabu, udang, selingkuh, ikan bobara, tau, keripik keladi, dan pisang.

Tempat Wisata

Untuk Anda yang berencana ingin berkunjung ke tempat wisata didaerah Papua, ada beberapa tempat wisata yang patut kamu jadikan rekomendasi ketika kesana.

Di Provinsi Papu,selain panorama alam yang sangat indah, terdapat beberapa monumen yang dibangun untuk mengenang sejarah panjang Papua sebagai bagian dari Indonesia maupun dari dunia.

Ada monumen Pendaratan Sekutu, Monumen Pepera, Monumen Tamagata, Museum Kebudayaan dan Kematian, Monumen Perang Dunia ke-2, serta Gua Jepang.

Sementara untuk tempat wisata alam yang paling terkenal diantaranya Lembah Baliem dan Puncak Jaya Wijaya atau Puncak Carstensz.

Pahlawan Nasional

Papua memiliki dua pahlawan nasional yang sudah diakui oleh negara Indonesia. Kedua pahlawan nasional tersebut adalah Frans Kaisepo dan Silas Papare.

Lagu Daerah

Lagu daerah Papua sama seperti daerah Papu Barat yaitu Apuse dan Yamko Rambe Yamko.

Kabupaten dan Kota Provinsi Papua

NoKabupatenIbu Kota
1MeraukeMerauke
2JayawijayaWamena
3JayapuraJayapura
4NabireNabire
5Yapen WaropenSerui
6Biak NumforBiak
7PaniaiEnatolali
8Puncak WijayaMulia
9MimikaTimika
10Mamberamo RayaBurmeso
11Boven DigoelTanah Merah
12MappiQeti
13AsmatAgats
14YahukimoNinia
15Pegunungan BintangOksibil
16TolikaraKarubaga
17SarmiSarmi
18KeeromArso
19DeiyaiTigi
20DogiyaiKigamani
21Intan JayaSugapa
22Lanny JayaTiom
23NdugaKenyam
24PuncakIlaga
25YalimoElelim
26WaropenWaren
27SupioriSorendiwari
28JayapuraJayapura

Demikian informasi seputar Provinsi Papua yang dapat saya bagikan untuk Anda semua. Semoga informasi ini dapat menambah wawasan bagi kita untuk mengenal lebih jauh tentang sejarah, bahasa, adat dan budaya di Indonesia.

Written by widiynews
Widiynews.com adalah situs lokal yang menyajikan beragam konten dan artikel menarik seputar kesehatan, gaya hidup, Islami, Tekno & Tips, Berita, dan Artikel Pengembangan Diri. Profile

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *