Kuliner

25+ Kumpulan Resep Nasi Goreng Enak, Spesial, Sederhana dan Lengkap

Written by widiynews · 17 min read >
Kumpulan Resep Nasi Goreng Terlengkap

Resep Nasi Goreng – Nama salah satu makanan yang familiar di Indonesia ini tentu tidak asing lagi buatmu. Atau mungkin kamu sudah sering atau mencoba berbagai jenis nasi goreng yang ada. Atau sebaliknya, kamu ingin mencoba membuat nasi goreng dengan resep yang berbeda? Maka tidak ada salahnya kamu baca sejenak kumpulan resep yang lengkap berikut untuk dijadikan referensi.

Sebelum berbicara lebih detail mengenai resep yang akan saya bagikan, tidak ada salahnya kita membahas sejenak apa itu nasi goreng?

Menurut Wikipedia, nasi goreng adalah nasi yang disajikan dengan cara digoreng diatas penggorengan (wajan dan lain sebagainya) dan dicambur dengan bumbu-bumbu atau rempah-rempah seperti bawang putih, bawang merah, cabai, merica dan kecap manis. Untuk menambah aroma dan rasa, biasanya nasi goreng juga ditambahkan daun sawi, sayur-sayuran, telur, daging, sosi, dan makanan laut lainnya.

Cara pengolahan nasi goreng sangatlah mudah dan praktis. Tak heran, masakan ini jadi banyak incaran penikmat jajanan terutama ketika malam hari.

Untuk menikmati satu piring nasi goreng spesial, tak perlu merogoh kocek dalam-dalam sebab saat ini banyak sekali penjaja kuliner khas Asia Tenggara ini di pinggir jalan atau restoran. atau, juga bisa membuat sendiri melalui kumpulan resep yang akan saya bagikan kali ini.

Simak kumpulan resep nasi goreng enak, kampung, jawa, seafood, Korea, Thailand, sederhana, spesial, praktis, lengkap dan lainnya dibawah ini.

Kumpulan Resep Nasi Goreng Terlengkap

Kumpulan Resep Nasi Goreng Terlengkap

1. Nasi Goreng Khas Jawa

Nasi Goreng Khas Jawa
Via cookpad.com

Sebagian orang jawa tentu tidak asing lagi dengan menu kuliner satu ini. Beragam rasa dan cara penyajian dapat dilakukan untuk membuat nasi goreng khas jawa yang kekinian dan punya rasa yang spesial seperti resep praktis berikut ini. Silahkan simak bahan dan cara membuatnya dibawah ini.

Bahan-Bahan yang diperlukan:

  • 1 piring nasi putih
  • 2 siung bawang putih
  • 3 siung bawang merah
  • 1 buah kemiri
  • Sejumput terasi bakar
  • Secukupnya Cabe
  • 1 potong kecil tomat
  • 2 butir telur ayam
  • Secukupnya Daun bawang
  • Sayuran (optional)
  • Gula, Lada, dan Garam
  • Kecap asin, Kecap Manis

Cara Membuat Nasi Goreng Khas Jawa

  1. Haluskan terlebih dahulu bawang, kemiri, Cabe, dan tomat. Campurkan dengan terasi.
  2. Kocok telur. Lalu goreng di minyak panas. Hancurkan.
  3. Tumis bumbu yang telah dihaluskan hingga wangi. Masukkan nasi putih. Aduk hingga rata.
  4. Tambahkan garam, gula, lada, dan kecap sesuai selera.
  5. Masukkan daun bawang dan sayuran. Campurkan dan masak sekitar 1 menit.
  6. Nasi Goreng siap dinikmati.

Bagaimana menurutmu? cukup mudah dan praktis sekali bukan cara membuatnya? Biar langsung terasa silahkan dicoba dan praktikkan sendiri dirumah.

2. Nasi Goreng Putih Rumahan Sederhana

Gak pingin ribet memasak tapi mau bikin nasi goreng yang enak, cobain deh resepnya yang satu ini.

Nasi Goreng Putih Rumahan Sederhana

Resep nasi goreng ini cocok banget buat kamu yang lagi mager. Biar gak penasaran, langsung saja simak cara membuatnya dibawah ini.

Bahan-bahan yang diperlukan :

  • Nasi 600 gram
  • Telur ayam 1 butir. Kocok terlebih dahulu di mangkuk atau wadah.
  • Daging ayam 125 gram. (Cincang halus terlebih dahulu)
  • Sosis ayam 1 buah
  • Bawang putih 3 siung. Iris tipis atau halus
  • Garam sdt
  • Penyedap rasa sdt
  • Kecap ikan sdm
  • Merica sdt
  • Daun bawang 1 batang. Iris halus

Cara membuat nasi goreng putih sederhana

  1. Tumis bawang putih hingga harum diatas penggorengan. Tambahkan telur lalu orak-arik.
  2. Kemudian tambahkan ayam yang telah dicincang halus dan sosis. Masukkan daun bawang. Tumis lagi.
  3. Masukkan nasi lalu aduk hingga rata. Tambahkan garam, merica, kecap ikan, dan penyedap rasa. Aduk rata sampai aroma sedap atau harum tercium.
  4. Pindahkan nasi goreng putih pada piring. Taburi bawang merah goreng sebagai tambahan.

Wah, aroma sudah tercium nih sampai sini.

Bagaimana? Resep mana yang kamu suka? Jangan ragu-ragu untuk langsuk praktik ya.

3. Resep Nasi Goreng Rumahan yang Praktis Dicoba

Kesibukan aktivitas sering kali menguras tenaga dan pikiran, itu sebabnya kamu membutuhkan asupan energi yang cukup.

Resep Nasi Goreng Rumahan yang Praktis Dicoba

Saat lapar melanda, kamu tidak perlu jauh-jauh untuk memenuhinya. Buat saja nasi goreng praktis ala rumahan dibawah ini. Cara bikinnya juga gampang banget, simak dibawah ini tutorialnya.

Bahan-bahan yang perlu disiapkan :

  • Minyak
  • Daun bawang 1 batang. Iris halus
  • Cabai merah 3 buah
  • Daging ayam 125 g. Cincang halus
  • Telur 1 butir. Kocok
  • Kecap manis 2 sdm
  • Bawang merah 5 siung
  • Garam 1 sdt
  • Merica sdt
  • Nasi 600 gr
  • Bawang putih 3 siung

Cara masak nasi goreng ala rumahan yang praktis

  1. Masukkan bawang putih, merah, dan cabai merah ke dalam cobek kemudian haluskan.
  2. Goreng telur menjadi orak-arik, sisihkan.
  3. Tumis bumbu yang sudah dihaluskan dengan minyak secukupnya hingga harum.
  4. Masukkan ayam cincang, telur dan daun bawang ke dalam bumbu. Tumis lagi hingga rata. Tambahkan kecap, garam, dan merica. Aduk hingga rata.
  5. Kemudian masukkan nasi dan aduk hingga rata.

Kamu bisa menambahkan beberapa potongan timun, daun selada, potongan sosis goreng, atau kerupuk sebagai pelengkapnya. Silahkan dicoba ya.

4. Nasi Goreng Kacang Polong

Uniknya, kuliner khas Asia Tenggara ini dapat disajikan dengan banyak cara. Baik dicampur dengan daging, sayuran atau bahan makanan lain.

Nasi Goreng Kacang Polong

Buat kamu yang bosan dengan rasa nasi goreng yang pernah kamu coba, mungkin nasi goreng kacang polong yang satu ini mungkin bisa mengobati rasa penasaranmu.

Bahan-bahan harus disiapkan :

  • 3 sdm kacang polong
  • 4 sdm minyak
  • nasi putih (2 piring)
  • 2 butir telur, kocok lepas
  • 2 lembar daun sawi, iris halus

Bumbu halus :

  • 1/2 sdt garam
  • 1 sdm kecap manis
  • 3 siung bawang putih
  • 2 siung bawang merah
  • 2 butir cabai rawit
  • Lada bubuk, secukupnya jika suka
  • 2 sdm kecap asin
  • Penyedap masakan, secukupnya jika suka

Cara masak nasi goreng kacang polong

1. Masak telur orak-arik lalu sisihkan.

2. Tumis bumbu yang sudah dihaluskan. Setelah itu campur dengan telur.

3. Masukkan kacang polong dan daun sawi ke dalam wajan, tumis bersama bumbu dan telur, aduk rata.

4. Masukkan nasi putih ke dalam wajan, aduk rata. Tambahkan bumbu yang dirasa kurang.

Langsung cobain yuk…

5. Nasi Goreng Edamame Mente

Resep ini cocok buat kamu yang vegetarian. Tetap sehat maski kerut dalam keadaan kenyang setelah menyantap satu piring nasi goreng edamame (kacang polong) mente ini.

Nasi Goreng Edamame Mente

Buat kamu yang suka masak, resep spesial ini boleh deh dimasukin ke daftar masakan yang untuk ide bisnis rumahanmu. Dijamin laris manis deh pastinya. Yuk simak cara membuatnya dibawah ini.

Bahan-Bahan:

  • nasi putih
  • 1 buah wortel, potong dadu kecil
  • 4 buah buncis, potong ukuran1 cm
  • 1 buah jagung manis, pipil
  • 50 gram kacang polong
  • 1 batang daun bawang, iris tipis
  • 3 sdm kecap asin
  • 1 sdm kecap manis
  • 1 butir telur, goreng orak-arik
  • Minyak sayur secukupnya

Bumbu halus :

  • 3 siung bawang putih
  • 3 siung bawang merah
  • 4 buah cabai merah besar, bersihkan, buang bijinya
  • ¼ sdt garam
  • ½ buah tomat

Cara membuat Nasi Goreng Vegetarian

1. Rebus potongan wortel, buncis, jagung manis, dan kacang polong hingga sedikit lunak, lau angkat dan tiriskan.

2. Panaskan minyak sayur diatas api sedang, tumis bumbu yang sudah dihaluskan hingga harum. Masukkan sayur dan daun bawang, lalu aduk hingga rata.

3. Masukkan nasi putih dan telur orak-arik, aduk hingga rata, tambahkan kecap manis dan kecap asin secukupnya. Aduk lagi hingga bumbu meresap dan semua bahan tercampur rata-rata.

Bila sudah matang, angkat, lalu hidangkan.

6. Nasi Goreng Terasi

Terasi gak cuma bisa kamu jadikan bahan tambahan untuk membuat sambel saja, sesekali cobain deh buat nasi goreng dengan terasi. Apalagi buat kamu yang suka masakan pedas. Wah cocok sekali resep spesial ini buat menemani waktu santai sambil menyantap satu piring nasi goreng terasi buatanmu sendiri dirumah.

Nasi Goreng Terasi
Nasi Goreng Terasi Paling Enak dan Nikmat

Langsung siapkan bahan dan catat cara membuatnya dibawah ini yuk.

Bahan-bahan yang harus disiapkan :

  • 3 sdm minyak goreng
  • Garam secukupnya sesuai selera
  • 750 gram nasi putih
  • 2 sdm kecap manis
  • 1 batang daun bawang, potong-potong

Bumbu halus :

  • 4 siung bawang putih
  • 5 buah bawang merah
  • 7 buah cabai merah
  • 3 buah cabai rawit merah
  • 2 sdt terasi
  • 2 buah kemiri sangrai

Bahan pelengkap :

  • 1 buah mentimun, potong bulat
  • 1 batang seledri, iris tipis
  • 2 butir telur, buat menjadi telur dadar
  • 1 buah tomat merah, potong bulat

Cara memasak nasi goreng terasi

1. Tumis bumbu halus dan daun bawang sambil terus diaduk hingga matang. Untuk tingkat kepedasan bisa disesuaikan selera.

2. Tambahkan nasi dan kecap manis, lalu aduk rata.

3. Tambahkan garam secukupnya, aduk, dan masak hingga bumbu meresap.

Praktis sekali bukan cara membuatnya? Menu satu ini paling pas buat kamu yang suka masakan pedas. Aroma dan rasa terasi akan semakin terasa saat dimasak. Bagaimana menurutmu?

7. Nasi Goreng Bawang Gurih

Bawang putih tak hanya bisa dijadikan bahan dasar untuk memasar dan membuat kue saja. Bawang putih bermanfaat untuk kesehatan, salah satunya untuk menangkal penyakit kanker dan demam.

Nasi Goreng Bawang Gurih
Nasi Goreng Bawang Putih Spesial ala Thailand

Beberapa orang bahkan menjadikan bawang putih sebagai lalapan saat makan. Aroma dan rasanya memang tidak enak, tapi manfaatnya sangat luar biasa besarnya. Supaya kamu bisa mendapatkan manfaatnya, tidak ada salahnya kamu tambahkan beberapa potong bawang merah dan bawang putih pada masakanmu hari ini.

Kalau yang satu ini adalah resep favorit saya. Kamu juga bisa cobain sendiri dan jangan salah kalau nanti kamu bisa jatuh cinta sama resepnya dan bikin ketagihan.

Bahan-bahan:

  • 1 siung bawang putih, cincang
  • 2 buah cabai rawit, cincang
  • Garam dan gula secukupnya
  • 1 piring nasi putih
  • 4 siung bawang merah, cincang
  • daun seledri 1 batang, cincang
  • 1 telur ayam, kocok lepas
  • kol, potong-potong dan goreng
  • 1 sdm saus tiram

Cara memasak nasi goreng bawang

1. Tumis bawang putih dan bawang merah. Masukkan cabai lalu tumis lagi sebentar.

2. Masukkan telur dan goreng orak arik hingga matang.

3. Masukkan nasi dan kol goreng, aduk rata. Masukkan saus tiram dan daun seledri. Aduk rata.

4. Tambahkan gula dan garam secukupnya. Aduk rata.

Biar gak makin penasaran, langsung cobain aja.

8. Nasi Goreng Mangga Pete Spesial

Seperti yang sudah saya katakan diatas, kuliner ini memang dapat dioleh dengan beragam campuaran baik daging, sayuran, ikan, makanan laut atau juga buah.

Nasi Goreng Mangga Pete Spesial

Dan buah yang paling pas untuk dijadikan campurannya adalah buah mangga. Penasaran bukan bagaimana rasanya? Menu nasi ini bakal jadi lebih nikmat disantap jika kamu tambahkan beberapa potongan pete. Yuk, simak caranya dibawah ini.

Bahan-Bahan:

  • 5 siung bawang putih
  • 1 cabai merah besar
  • 10 helai kelopak bunga kecombrang
  • 2 piring nasi
  • Garam dan kaldu jamur secukupnya
  • 5 butir bawang merah besar
  • 1 batang daun bawang
  • 1 butir telur
  • 2 sosis ayam
  • 1 buang mangga harummanis mengkal, dipotong kotak-kotak
  • Kacang polong dan irisan wortel secukupnya

Cara Masak

1. Iris-iris cabai, bawang putih, bawang merah, daun bawang, kecombrang, dan sosis. Lalu sisihkan terlebih dahulu.

2. Panaskan sedikit minyak diatas penggorengan, buat telur orak-arik sampai setengah matang. Masukkan irisan bawang merah, bawang putih, cabai, kacang polong, wortel, sosis, dan daun bawang. Oseng-oseng sebentar.

3. Masukkan nasi putih. Tambahkan garam dan kaldu jamur. Aduk rata.

4. Masukkan potongan mangga dan kecombrang. Aduk kembali sampai tercampur rata. Jangan lupa cicipi untuk mengetahui rasanya.

9. Nasi Goreng Pete Ikan Asin ala Restoran

Banyak restoran kelas atas yang menyajikan masakan nasi sebagai menu spesial, salah satunya adalah nasi goreng pete ikan asin.

Nasi Goreng Pete Ikan Asin ala Restoran

Beberapa restoran atau rumah makan mungkin memiliki cara penyajian tersendiri, namun kamu tetap bisa membuatnya sendiri dan rasanya juga tidak bakal kalah walau ala rumahan.

Berani coba, simak caranya disini.

Bahan-Bahan:

  • 1 porsi nasi dingin dari kulkas
  • 1-2 sdm teri, bilas & goreng
  • 1-2 sdm pete
  • 2 sdm taoge
  • 1 buah telur, kocok
  • Secukupnya daun bawang

Bumbu :

  • 1 sdt Terasi
  • Garam, Gula
  • Penyedap
  • Kecap Asin
  • 1 sdm saos tomat
  • 3 bawang merah
  • 2 bawang putih

Cara Membuat

1. Tumis bawang dengan minyak bekas goreng teri, tambahkan terasi. Sisihkan ke pinggir wajan.

2. Masukkan telur di sisi lainnya lalu orak arik.

3. Masukkan nasi dingin dan pete. Aduk-aduk dengan cepat diatas kompor dengan api sedang.

4. Masukkan semua bumbu dan saos tomat sambil dicicip rasa hingga sesuai. Aduk rata.

5. Terakhir, masukkan taoge dan daun bawang. Aduk cepat hingga agak layu, angkat dan sajikan.

10. Nasi Goreng Pete Udang Telur Ayam

Masak dan menyajikan makanan untuk keluarga adalah satu tugas dan rutinitas ibu-ibu di rumah. Namun tidak menutup kemungkinan, para pria juga belajar masak baik untuk diri sendiri serta dijadikan profesi.

Nasi Goreng Pete Udang Telur Ayam

Memasak adalah hal menyenangkan. Seseorang bisa mengekspresikan sendiri masakannya melalui bahan-bahan yang tersedia. Dan salah satu masakan praktis ala kafe yang patut di coba kali ini adalah nasi goreng pete udang telur ayam.

Tampilannya sih mirip masakan restoran dan kafe yang banderol harganya cukup mahal. Rasanya juga gak jauh beda kok. Makanya, resep ini patut sesekali kamu coba saat bingung mau masak apa yang praktis. Berikut bahan dan cara membuatnya.

Bahan-Bahan:

  • 500 gram nasi putih, usahakan bukan nasi yang lembek
  • 2 butir telur ayam, buat orak-arik
  • 150 gram udang ukuran sedang, buang kepala dan kulitnya
  • 1/4 siung bawang bombay, cincang kasar
  • 3 papan petai, ambil isinya, lepaskan kulit arinya, belah dua, goreng sebentar
  • 1 sdt kecap manis
  • 1 sdt minyak wijen
  • Garam secukupnya
  • Merica bubuk secukupnya
  • Kaldu ayam bubuk secukupnya

Bumbu Yang Dihaluskan:

  • 2 buah cabai merah
  • 5 buah cabai rawit
  • 3 siung bawang putih

Cara Membuat

1. Tumis bumbu yang dihaluskan dan bawang bombay, aduk hingga harum.

2. Masukkan udang, aduk-aduk hingga matang dan berubah warna.

3. Masukkan nasi putih dan telur orak-arik, aduk hingga rata.

4. Tambahkan petai, kecap manis, minyak wijen, garam, merica bubuk dan kaldu bubuk. Aduk kembali hingga semua bahan matang dan tercampur rata.

5. Angkat dan sajikan selagi hangat. Sajikan diatas piring datar dan tambahkan beberapa potongan tomat, daun salad, mentimun atau daun kemangi. Jika punya kerupuk, kamu juga menambahkannya di sisi samping agar terlihat lebih mirip dengan masakan di restoran atau kafe-kafe.

11. Nasi Goreng Udang ala Restoran

Kamu mungkin sering menemukan menu nasi goreng udang di berbagai restoran yang harganya mahal. Saat itu, mungkin kamu merasa heran kenapa harganya begitu mahal padahal rasanya tidak jauh dari hasil masakanmu sendiri dirumah.

Nasi Goreng Udang ala Restoran

Sebenarnya, cara membuat nasi goreng udang tidaklah sulit. Asalkan kamu mau belajar dan mencobanya. Soal rasa, tergantung bagaimana bumbu dan cara memasaknya. Berani mencobanya sendiri dirumah untuk keluarga?

Bahan-Bahan:

  • 1 butir telur
  • 100 gram udang (goreng bumbu garam)
  • 1 piring penuh nasi
  • 1 batang daun bawang
  • Minyak goreng (secukupnya)

Bumbu halus:

  • 5 buah cabai rawit
  • Kaldu ayam bubuk (secukupnya)
  • 2 siung bawang putih
  • 3 siung bawang merah
  • Kecap asin (secukupnya)
  • Kecap manis (secukupnya)

Cara Memasak Nasi Goreng Udang ala Restoran

1. Masak telur orak-arik. Ketika telur sudah matang, masukkan udang ke dalam wajan.

2. Tambahkan bumbu yang telah dihaluskan, tumis hingga harum bersama telur dan udang.

3. Masukkan daun bawang yang telah dicincang halus.

4. Masukkan nasi ke dalam wajan, aduk rata bersama telur, udang dan bumbu.

Selesai, selamat menikmati dan jangan lupa share artikel ini jika kamu berhasil membuat menu spesial hari ini ya.

12. Nasi Goreng Seafood Enak Spesial

Suka dengan masakan seafood? Kamu bisa kok jadikan seafood sebagai bahan tambahan untuk membuat menu nasi goreng jadi lebih nikmat.

Nasi Goreng Seafood Enak Spesial

Sebab, seperti yang sudah saya katakan diatas. Kuliner satu ini dapat di olah dengan berbagai jenis bahan baik sayuran, seafood, pete, telur, udang, produk olahan ikan laut, daging ayam dan lain sebagainya. Hasilnya? Pasti jadi makin spesial deh.

Bahan-Bahan :

  • Nasi putih 700 gr
  • Blue Band 3 sdm
  • Udang kecil kupas 100 gr
  • Cumi, kupas kulit arinya, potong bulat 100 gr,
  • Bakso ikan, potong 4 butir
  • Saus tiram 1 sdm
  • Kecap asin 1 sdm
  • Garam 1/2 sdt
  • Lada 1/2 sdt
  • Minyak wijen 1 sdt
  • Daun bawang, potong 1/2 cm 2 tangkai
  • Telur, kocok lepas 2 butir,
  • Bawang putih, cincang 4 siung

Cara Membuat Nasi Goreng Seafood

1. Panaskan Blue Band, tumis bawang putih hingga harum lalu tambahkan udang dan cumi, tumis hingga berubah warna lalu tambahkan bakso ikan dan telur, masak hingga telur berbulir dan matang.

2. Tambahkan saus tiram, lada, kecap asin garam dan daun bawang.

3. Masukkan nasi putih, masak hingga rata betul lalu terakhir masukkan minyak wijen.

Selesai, dan selamat mencicipi ya..

13. Nasi Goreng Seafood Medan Oriental

Kalau kamu berkunjung ke Medan, tak perlu khawatir cari menu halal apa yang bisa kamu santap disana. Sebab, selain dikenal pemandangan alamnya, Medan juga punya banyak kuliner yang bisa kamu cicipi. Salah satunya yang cukup familiar adalah nasi goreng seafood medan.

Nasi Goreng Seafood Medan Oriental

Menu nasi ini punya rasa yang sangat kental, yakni pedas. Nah, buat kamu yang suka masakan pedas menu spesial ini pas banget dah buatmu.

Tidak perlu menunggu waktu lama, langsung cobain yuk nasi goreng spesial seafood ini. Catat bahan dan caranya dibawah ini ya.

Bahan-Bahan:

  • nasi putih 2 piring
  • 100 gram udang kupas kulitnya
  • 100 gram cumi potong melintang
  • 3 siung bawang putih cincang halus
  • 2 siung bawang merah giling kasar
  • 10 cabe rawit potong kecil-kecil
  • ½ sendok makan terasi
  • 2 sendok makan ikan teri medan
  • 1 butir telur
  • Wortel potong dadu
  • Buncis potong bulat-bulat
  • Daun bawang iris tipis
  • Kecap manis secukupnya
  • Garam secukupnya
  • Kol potong halus
  • 1 buah tomat

Cara Membuat

1. Siapkan semua bahan,cuci bersih udang dan kupas kulitnya,cumi potong melintang,serta bahan lainnya seperti wortel,buncis,bawang dan cabe.

2. Panaskan wajan dan goreng teri medan hingga kuning kecoklatan,angkat dan sisihkan.

3. Tumis bawang putih,bawang merah sampai harum,masukan cabe rawit dan terasi aduk.

4. Masukan udang dan cumi lalu aduk kembali tambahkan wortel, buncis, daun bawang, kol, serta telur aduk-aduk kembali.

5. Masukan nasi dan tambahkan garam,teri medan yang telah di goreng serta kecap manis aduk-aduk sampai rata dan nasinya matang.

Nasi pun siap untuk di santap bersama irisan tomat, daun salad dan telur ceplok.

14. Nasi Goreng Spesial Komplit

Banyak sekali resep nasi, tapi nasi goreng spesial komplit ini pasti bisa kamu jadikan hidangan istimewa di rumah. Jika kamu sedang bingung mau masak apa hari ini, coba deh cek bumbu-bumbu didapur.

Nasi Goreng Spesial Komplit

Resep masakan ini hanya mengandalkan bahan-bahan sederhana dan bumbu-bumbu sehari-hari yang biasa digunakan untuk memasak.

Namun, dengan adanya bahan campuran udang, sosis, bakso, dan daging ayam, dipastikan nasi goreng spesial ini mampu memeriahkan suasana makan bersama dirumah. Selamat masak dan selamat mencoba ya.

Bahan-Bahan:

  • 1 potong daging paha ayam, rebus, suwir
  • dua telur ayam, kocok lepas
  • 150 g udang tanpa kulit
  • 5 buah bakso sapi, iris
  • 5 buah bakso ikan, iris
  • 500 g nasi putih
  • 2 sdm Bango Kecap Manis
  • 1 sdt garam
  • ½ sdt gula pasir
  • 1 batang daun bawang, iris tipis
  • 1.5 sdm bawang merah goreng
  • 3 sdm minyak, untuk menumis
  • 3 Telur ayam

Bahan Bumbu Kasar

  • 1 sdt terasi, bakar
  • 3 buah cabai merah besar
  • 3 buah cabai merah keriting
  • 2 siung bawang putih
  • 6 butir bawang merah

Cara Membuat Nasi Goreng Spesial

1. Panaskan minyak. Tumis bumbu tumbuk kasar sampai harum. Sisihkan di pinggir wajan. Masukkan telur. Aduk sampai berbutir.

2. Tambahkan ayam, udang, bakso. Aduk rata. Tambahkan nasi putih. Aduk- aduk. Masukkan Bango Kecap Manis, garam, dan gula pasir. Aduk sampai matang.

3. Masukkan daun bawang. Aduk rata. Sajikan bersama telur ceplok dan taburan bawang merah goreng.

Aroma dan rasanya pasti menggoda sekali ya.

15. Nasi Goreng Teri Spesial

Saat di pagi hari ini, kadang kamu bingung sekali membuat menu sarapan yang praktis untuk dijadikan bekal anak ke sekolah atau suami ke kantor. Memang banyak masakan yang bisa kamu pilih, tapi kadang membutuhkan banyak bahan untuk membuatnya. Jadi tetap aja repot dan gak kilat kan masaknya. Nah cobain deh nasi goreng teri spesial ini.

Siapa tahu, masih ada sisa nasi di majig com dan punya stok teri di dapur. Jadiin aja masakan spesial untuk bekal anak sekolah dan suami kerja biar makin semangat dan berkah usahanya.

Bahan-Bahan :

  • 3 sendok makan minyak goreng
  • 1 butir telur ayam
  • 400gr nasi putih
  • 1 bungkus Kobe Bumbu Nasi Goreng Poll Pedas
  • 1 cup sayuran hijau
  • 50gr teri medan yang sudah digoreng

Cara Membuat Nasi Goreng Teri Spesial

1. Panaskan minyak, tumis telur hingga matang.

2. Masukkan nasi putih. Aduk rata.

3. Tambahkan Kobe Bumbu Nasi Goreng Poll Pedas. Aduk hingga rata.

4. Masukkan sayuran dan teri medan. Aduk hingga rata dan matang.

5. Angkat dan sajikan selagi hangat.

Langsung deh masukin di tempat bekal dan siap dibawa ke sekolah dan ke kantor.

16. Nasi Goreng Teri Medan yang Gurih dan Nikmat

Silahkan persiapkan terlebih dahulu bahan yang akan digunakan untuk memasaknya. Lalu catat cara membuatnya dibawah ini.

Nasi Goreng Teri Medan yang Gurih dan Nikmat

Bahan-Bahan:

  • 30 gram teri Medan
  • 20 gram buncis
  • 0 gram wortel
  • 10 gram bawang putih
  • 3 buah cabai rawit
  • 1 piring nasi putih
  • Garam secukupknya
  • 1 butir telur

Cara Membuatnya

1. Nyalakan kompor dengan api sedang, dan tuang minyak secukupnya.

2. Masukan bawang putih dan juga garam secukupnya (ingat teri Medan sudah cukup asin).

3. Masukan telur.

4. Masukkan nasi putih dan juga teri Medan yang sudah dikeringkan dan aduk hingga rata

5. Masukkan sayuran seperti wortel, buncis dan juga cabai rawit yang telah dipotong halus dan aduk rata.

6. Masak selama kurang lebih 5 menit.

Sajikan di piring saji dan taburi teri Medan diatasnya. Nikmati selagi hangat.

17. Nasi Goreng Kampung Sederhana dan Praktis

Kalau kamu butuh resep masakan praktis, maka disinilah tempatnya. Kamu bisa menemukan berbagai resep menu sederhana dan kilat disajikan untuk menu sehari-hari dan pesta besar.

Nasi Goreng Kampung Sederhana dan Praktis

Dan kali ini saya akan berbagi kumpulan resep nasi goreng kampung yang bisa kamu jadikan menu andalan untuk satu kali penyajian.

Cek bahan dan caranya dibawah ini:

Bahan-Bahan:

  • 150 gram nasi putih, sepiring nasi putih
  • 1 butir telur ayam, kocok lepas, buat orak arik
  • 1 siung bawang putih, cincang halus
  • 2 butir bawang merah, iris halus
  • 1 buah cabai rawit, iris
  • 1/2 sdt terasi yang sudah disangrai sebentar
  • 1 sdt kecap manis
  • Garam secukupnya
  • Merica secukupnya
  • Potongan wortel dadu
  • Jagung manis
  • Potongan daging ayam atau cumi
  • Mentega secukupnya

Cara Membuat Nasi Goreng Kampung Sederhana

1. Panaskan mentega, tumis bawang putih dan bawang merah hingga harum. Tambahkan cabai rawit.

2. Masukkan daging ayam, jagung manis dan wortel, masak hingga matang.

3. Masukkan nasi putih dan telur, aduk rata.

4. Masukkan terasi, merica, kecap manis dan garam. Masak hingga nasi goreng matang.

5. Sajikan hangat dengan irisan timun dan taburan bawang goreng.

Sudah siap santap deh…

18. Nasi Goreng Spesial ala Thailand

Jika kamu berkunjung ke negara Thailand, kamu juga bisa menemukan makanan khalal dan familiar di Indonesia yakni nasi goreng.

Nasi Goreng Spesial ala Thailand

Meski berbeda negara, rasa dan aromanya juga menjadi sedikit berbeda dari yang pernah kamu coba selama ini. Tapi, untuk merasakannya kamu juga tidak perlu jauh-jauh kesana. Kita coba sendiri saja bagaimana perbedaan rasanya melalui resep dan cara membuatnya dibawah ini.

Bahan-Bahan:

  • 100 gram daging ayam, potong bentuk dadu
  • 1/2 sdt tepung maizena
  • Lada secukupnya
  • 2 butir telur kocok lepas dengan sedikit garam dan gula
  • 100 gram tauge panjang, buang bagian ekornya
  • 50 gram ikan asin jambal, bakar dan suwir kecil
  • 3 siung bawang putih, memarkan dan cincang
  • 1 btng daun bawang, iris halus
  • 400 gram nasi putih
  • 2 sdm kecap ikan
  • Garam secukupnya
  • 1 sdt merica
  • Sedikit gula pasir
  • Minyak goreng

Cara Membuat Nasi Goreng ala Thailand

1. Baluri ayam dengan garam, lada dan tepung maizena, sisihkan terlebih dahulu.

2. Panaskan 2 sdm minyak goreng, goreng telur dibuat orak-arik dan masukkan tauge. Masak hingga setengah matang lalu sisihkan.

3. Selanjutnya goreng ayam hingga matang, angkat tiriskan.

4. Tumis bawang putih, masukkan daun bawang, ikan asin jambal yang telah disuwir-suwir, aduk rata.

5. Masukkan nasi dan tambahkan kecap asin, garam, merica, gula pasir aduk hingga rata.

6. Terakhir masukkan telur orak arik matang, serta ayam yang disisihkan tadi, aduk hingga merata.

7. Tes rasanya apakah sudah pas dengan selera.

8. Sajikan selagi panas menjadi 3 porsi piring makan.

Tertarik kan dengan resep spesial ini? Langsung saja deh cobain ya…

19. Nasi Goreng Nanas ala Thailand yang Mendunia

Berkreasi saat masak itu penting. Dengan begitu kamu bisa menemukan ide dan kekuranganmu saat memasak. Kamu bisa tahu apa saya yang harus kamu perbaiki saat memasaknya lagi.

Nasi Goreng Nanas ala Thailand yang Mendunia

Coba deh kamu perhatikan judul masakan ini. Cukup unik kan? Saya saja sedikit heran bagaimana rasanya nasi goreng thailand ini. Kreatif memang. Rasanya juga maknyus deh. Wajib kamu coba!

Bahan-Bahan:

  • 1 cangkir nanas potong dadu
  • 4 cangkir nasi matang
  • 4 sdm minyak untuk menggoreng
  • 2 siung bawang merah, iris tipis
  • 3 siung bawang putih, cincang
  • 1 cabai merah atau hijau
  • 1/2 cangkir kacang polong
  • 1 butir telur, kocok
  • kismis dan kacang mede secukupnya (opsional)
  • 3 sendok makan kaldu ayam
  • 3 sendok makan kecap
  • 2 sdt. bubuk kari
  • gula dan garam secukupnya
  • 3 batang daun bawang
  • 8-12 udang segar (opsional)

Cara membuat

1. Beri sedikit minyak pada nasi lalu aduk agar nasi tidak menggumpal.

2. Tumis irisan bawang dan cabe hingga harum.

3. Pinggirkan tumisan bawang, masak orak-arik telur dalam wajan.

4. Campur telur dengan tumisan bawang, tambahkan kaldu ayam, kecap. bubuk kari, gula, dan garam secukupnya.

5. Masukkan kacang mede (jika pakai) lalu masukkan nasi yang telah disiapkan. Aduk hingga rata.

6. Masukkan kacang polong, kismis, dan nanas. Aduk rata.

7. Sajikan dalam setengah buah nanas yang telah dilubangi tengahnya.

20. Nasi Goreng Kimchi ala Drama Korea

Siapa sih yang gak tahu Korea, selain dikenal dengan drama yang bikin baper para remaja dan air mata berlinang karena kisahnya yang mampu menghanyutkan, negara dengan julukan Negeri Ginseng ini juga punya banyak makanan lezat yang wajib dicoba saat melancong kesana.

Nasi Goreng Kimchi ala Drama Korea

Salah satu makanan yang patut kamu coba adalah Kimchi. Masakan fermentasi ini punya aroma menyengat dan rasa yang khas. Bagi kamu yang belum pernah mencobanya, pasti sedikit aneh ketika pertama kali mencicipinya.

Nah, biar rasanya gak aneh kamu bisa mencicipi masakan khas Korea ini dengan cara dijadikan menu tambahan nasi goreng. Disana namanya adalah Kimchi Bokkeumbap. Rasanya pasti jauh lebih nikmat loh. Bahkan, rasanya juga tidak kalah enaknya dengan yang ada di Korea. Yuk langsung saja cobain.

Bahan-Bahan:

  • 150 gram Kimchi, siap pakai, diperas airnya lalu dicincang kasar.
  • 1 sdm Ghocujang, siap pakai
  • 500 gr nasi
  • ½ sdm soy sauce
  • 2 sdm minyak wijen
  • minyak
  • daun bawang
  • bawang putih cincang
  • 2 telur mata sapi

Cara Membuat Nasi Goreng Kimchi

1. Panaskan minyak, tumis bawang putih hingga harum lalu masukkan kimchi yag sudah diperas agar nasi goreng tidak basah. Masak kimchi hingga kering atau berwarna kecokelatan.

2. Masukkan nasi, ghocujang, soy sauce, minyak wijen, lada hitam. Aduk rata. Terakhir masukkan daun bawang.

3. Sajikan nasi goreng kimchi dengan telur mata sapi dan taburi dengan nori (rumput laut yang dikeringkan).

Wah, rasanya pasti nikmat sekali ya

21. Nasi Goreng Kimchi Mozarella

Punya stok nasi dan keju mozarella di rumah? Yuk cobain bikin nasgor kimchi ala korea yang bikin nagih rasanya.

Nasi Goreng Kimchi Mozarella

Jangan bingung, meski namanya sedikit asing bagi kalangan biasa, kamu bisa belajar membuatnya melalui resep dan caranya dibawah ini. Siapa tahu bisa jadi ide bisnis kuliner kamu tahun ini.

Bahan-Bahan:

  • 1 gelas atau 100 gr Kimchi
  • 1 batang daun bawang
  • Minyak goreng secukupnya
  • 2 sdm Kecap Asin
  • 3 sdm Gula
  • 3 sdm bubuk cabe
  • Satu porsi nasi
  • Keju mozarella
  • Rumput laut kering
  • ½ batang jagung rebus

Cara Membuat:

1. Cincang halus Kimchi, dan potong tipis-tipis daun bawang

2. Panaskan minyak goreng dengan wajan anti lengket

3. Tumis daun bawang dengan api kecil sampai agak kecoklatan

4. Masukkan kimchi, kecap asin dan gula, lalu aduk rata

5. Saat warna kimchi berubah kecoklatan, tambahkan bubuk cabe

6. Kemudian campurkan tumisan ke nasi di dalam mangkok atau piring terpisah

7. Bersihkan wajan, panaskan, dan ratakan nasi pada permukaannya

8. Taburkan keju mozzarella di atas nasi, tutup wajan sampai keju meleleh sempurna.

Cara menyajikan:

1. Siapkan piring datar

2. Tuang nasi dari ujung pinggir, lalu dilipat menjadi setengah sampai keju tertutup oleh nasi

3. Tambahkan potongan rumput laut dan jagung rebus yang sudah dibumbui gurih

22. Nasi Goreng Kambing

Silahkan siapkan bahan-bahan yang diperlukan dan catat cara membuat nya dibawah ini.

Nasi Goreng Kambing

Bahan-Bahan:

  • 5 siung bawang putih yang masih segar
  • 7 siung bawang merah yang masih segar
  • Cabai merah atau bisa juga diganti dengan cabai rawit sesuai selera
  • 2 butir telur ayam
  • 2 piring nasi
  • Kecap manis secukupnya
  • Garam dan royco secukupnya
  • Tomat dan mentimun yang telah diiris tipis secukupnya
  • Blueband untuk menumis secukupnya
  • Daging kambing dan babat yang sudah dipotong dadu secukupnya

Cara Membuat Nasi Goreng Kambing

1. Cara pertama dalam pembuatan nasi goreng ini adalah menghaluskan bawang merah, bawang putih, dan cabai merah atau cabai rawit yang sudah disiapkan sebelumnya. Untuk menghaluskan ke-3 bahan tersebut bisa dilakukan dengan cara diulek manual memakai tangan atau bisa juga menggunakan alat bantu yakni dengan cara diblender.

2. Jika bumbu sudah halus, maka panaskan blueband untuk menumis bumbu halus tersebut. Setelah blueband panas, maka aduk dan tumislah bumbu halus tersebut sampai mengeluarkan aroma yang khas dan lezat. Setelah bumbu matang, maka jangan lupa untuk memasukkan 1 butir telur ayam, aduk kembali sampai bumbu benar-benar meresap dengan telur.

3. Sambil menunggu bumbu benar-benar tercampur rata dengan telur, maka siapkan terlebih dahulu daging kambing dan pelengkap lainnya. Jika bumbu benar-benar sudah tercampur dengan telur, maka langkah selanjutnya adalah memasukkan daging kambing beserta pelengkap yang lainnya. Aduk-aduk sampai bumbu benar-benar terasa dan menyatu dengan daging kambing serta pelengkap yang lainnya. Lalu tunggu sampai daging kambing benar-benar matang.

4. Jika daging sudah mulai setengah matang, maka masukkan nasi dan kecap. Aduk-aduk sampai bumbu, daging, dan kecap benar-benar merata. Jangan lupa juga untuk memberi garam dan royco, lalu aduk-aduk kembali sampai semua bahan benar-benar merata.

5. Jika nasi dan daging kambingnya sudah matang secara merata, maka nasi goreng pun sudah siap disajikan. Sajikan nasi goreng kambing tersebut ke atas piring, jangan lupa juga tambahkan telur dadar serta tambahkan pula irisan tomat dan mentimun yang sudah disiapkan sebelumnya.

23. Nasi Goreng Omurice ala Korea

Yang sering nonton drama korea pasti sering denger nama makanan “Omurice”. Tapi tahukah kamu makanan apa ini.

Nasi Goreng Omurice ala Korea

Omurice adalah nasi goreng yang dibalut telut dadar. Nama omurice sendiri adalah gabungan dua kata yakni omelet dan rice.

Tampilannya jadi lebih menarik. Cocok nih buat bekel suami kerja di kantor atau anak sekolah. Kalau masih single, ya buat bekel diri sendiri. Yuk cobain.

Bahan-Bahan:

  • 1/4 kg dada ayam (atau bagian daging ayam lain)
  • 1 buah bawang bombai
  • 1 buah paprika hijau
  • 3 buah jamur kancing
  • 4 sdm saus tomat
  • 2 telur ayam
  • 4 mangkuk nasi
  • Minyak sayur
  • Garam
  • Merica

Cara Membuat Omurice

1. Potong dadu ayam, paprika, jamur, dan bawang bombai.

2. Panaskan minyak sayur di wajan, dan masukkan ayam.

3. Tambahkan paprika, jamur, dan bawang bombai ke dalam wajan, aduk.

4. Tambahkan juga nasi, lalu aduk. Taburkan garam dan merica sesuai selera.

5. Matikan api, tambahkan saus tomat, lalu aduk.

6. Pada wajan lebar dan datar yang lain, panaskan minyak sayur.

7. Kocok telur dalam mangkuk, lalu tuangkan (ukuran satu porsi) dalam wajan. Dengan cepat, ratakan telur dengan cara menggoyangkan wajan, dan buat lapisan tipis yang lebar dan bulat.

8. Tuangkan nasi goreng (ukuran satu porsi) pada bagian tengah omelette, lalu lipat semua sisi omellete hingga membungkus nasi goreng.

9. Angkat perlahan dan letakkan di piring. Ulangi hingga semua nasi dan telur habis.

Sajikan bersama saus tomat atau saus sambal.

24. Nasi Goreng Kimbab ala Korea

Biar makin lengkap daftar menu yang kamu pelajari, nasi goreng ala korea yang satu ini juga boleh deh kamu jadikan hidangan spesial buat orang tercinta.

Bahan-Bahan:

  • 400 gr Nasi Pulen
  • 1 bks Sajiku Bumbu Nasi Goreng Rasa Ayam
  • 1 lbr Nori
  • 3 btr Telur
  • 20 gr Wortel rebus
  • 20 gr Timun rebus
  • ½ sdt Garam
  • 5 sdm Minyak goreng

Cara Membuat

1. Potong wortel dan timun bentuk persegi panjang, sisihkan. Kocok telur, beri garam, sisihkan.

2. Panaskan 1 sendok minyak, dadar 2/3 bagian untuk isian. Potong memanjang, sisihkan. Lanjutkan dengan dadar 1/3 bagian sisanya untuk gulungan, sisihkan.

3. Panaskan 3 sdm minyak, masukan nasi dan Sajiku Bumbu Nasi Goreng Rasa Ayam. Aduk rata, masak hingga matang.

4. Ambil nori, tata nasi goreng, potongan wortel, timun, dan irisan telur dadar diatasnya, kemudian gulung. Lakukan kembali dengan menggunakan telur dadar sebagai gulungannya.

5. Potong sushi menjadi beberapa bagian.

25. Nasi Goreng Jagung Manis Gurih

Nasi Goreng Jagung Manis Gurih

Langsung saja, yuk siapin bahan-bahannya yang diperlukan dibawah ini.

Bahan-Bahan:

  • 6 buah (1 kg) jagung manis, dikukus, dipipil
  • 50 gram udang, dicincang halus
  • 2 butir telur, diocok lepas
  • 1/2 sendok makan garam
  • 1/4 sendok teh merica bubuk
  • 1 batang daun bawang, diiris halus
  • 3 sendok makan minyak untuk menumis

Bumbu Tumbuk:

  • 2 siung bawang putih
  • 4 butir bawang merah
  • 1 buah cabai merah besar
  • 5 buah cabai merah keriting
  • 5 butir ebi, diseduh, disangrai

Bahan Pelengkap:

  • 100 gram kerupuk kanji
  • 2 sendok makan bawang merah goreng untuk taburan

Cara Membuat Nasi Goreng Jagung

1. Chopper jagung manis pipil sampai berbutir. Sisihkan.

2. Panaskan minyak. Tumis bumbu tumbuk sampai harum. Masukkan udang giling. Aduk sampai berubah warna. Sisihkan ke pinggir wajan.

3. Tambahkan telur. Aduk sampai berbutir kasar. Masukkan jagung, garam, dan merica bubuk. Aduk rata.

4. Tambahkan daun bawang. Aduk rata. Masak sambil diaduk sampai matang.

Demikian artikel seputar kumpulan resep nasi yang dapat saya bagikan pada kesempatan kali ini.

Resep ini masih dapat kamu olah menjadi resep kreasimu sendiri dengan cara ditambah beberapa bahan, atau bumbu lain agar rasa dan hasilnya lebih memuaskan.

Written by widiynews
Widiynews.com adalah situs lokal yang menyajikan beragam konten dan artikel menarik seputar kesehatan, gaya hidup, Islami, Tekno & Tips, Berita, dan Artikel Pengembangan Diri. Profile

One Reply to “25+ Kumpulan Resep Nasi Goreng Enak, Spesial, Sederhana dan Lengkap”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *